Thursday, May 2, 2013

Stop Bullying

Bullying adalah penggunaan kekerasan atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain. Perilaku dapat kebiasaan dan melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan sosial atau fisik. 

Hal ini dapat mencakup pelecehan lisan atau ancaman, kekerasan fisik atau paksaan dan dapat diarahkan berulang kali terhadap korban tertentu, mungkin atas dasar ras, agama, gender, seksualitas, atau kemampuan. Jika intimidasi yang dilakukan oleh kelompok, itu disebut mobbing. Korban bullying kadang-kadang disebut sebagai "target".

Dimana sekarang bullying sangat populer di kalangan masyarakat khususnya di para pelajar. Mereka menindas teman-teman yang mereka kira lemah dan tidak berarti dimata mereka. Tindakan tersebut sangat tidak pantas untuk para pelajar. Mereka disekolahkan untuk belajar dan menimba ilmu untuk masa depan bukan untuk menindas sesama.
Mereka menindas dengan verbal maupun fisik bahkan lebih parah dimana mereka merekam tindakan tersebut lalu di share atau di post di social media hanya untuk kepuasan sendiri.

Sayang-nya untuk mengatasi tindakan tersebut belum ada yag tepat untuk memberatkan sang tersangka (khususnya di sekolah). 

So ini ada beberapa tips untuk mencegah tindakan bullying ke kalian :


1. Jangan Lebay

Biasanya, para bully itu memilih orang-orang yang lebay alias terlihat terlalu berlebihan. Terlalu berlebihannya ini bisa macem-macem ya, bisa karena kamu terlalu jelek, terlalu culun, terlalu ganteng, terlalu pinter, atau mungkin terlalu kaya. Agak absurd sih. Mungkin para bully ini iri sama orang-orang yang berlebihan ini. 
2. Berteman Dengan Siapa Saja

jadilah orang yang ramah dan supel. Kalo kamu anaknya kelihatan asik dan ramah, maka harusnya sih gak bakal ada yang niat untuk ngebully kamu ya. Lagipula kalo temen kamu banyak, mungkin para bully juga takut ngapa-ngapain kamu.
3. Bertindak Secara Hukum


Sesungguhnya aksi bully-membully itu adalah sebuah hal yang melanggar hukum . Kalo kamu ngerasa aksi bully yang dilakukan ke kamu itu sudah kelewat batas, merugikan, dan tidak bisa ditolerir lagi, maka sebaiknya kamu jangan ragu-ragu untuk melaporkan hal ini ke pihak yang berwajib. Bisa kepala sekolah, guru, polisi.

4. Stand up for yourself

Boleh deh untuk stand up for yourself pada saat kamu di bully. Tunjukin kalau kamu itu tidak takut dan berani dengan dia. Jangan perlihatkan kalau kamu takut dengan dia, semakin kamu tunjukin kalau kamu takut sama dia, semakin berani dia untuk mem-bully kamu. Masa mau terus sih di bully, jadi ga usah takut untuk menyeruakan isi hati kamu terhadap tindakan dia, so apa yang musti di takutin? 

Ini ada social media yang men-support tentang No bully di sekitar jakarta 
jadi jika ingin mengetahui tentang bully, siapa saja sih yang jadi korban bully, dan solusi untuk mengahdapi bullying bisa follow mereka. 

twitter : @NoBullyZoneID
or visit their blog : http://nobullyzoneid.blogspot.com







xoxo

No comments:

Post a Comment